MENGUKUR EFISIENSI MODAL KERJA DENGAN INDEKS EFISIENSI MODAL KERJA (Studi Pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017)

Afifah Praditha Dewi

Abstract


(Indonesia) Efisiensi modal kerja penting dilakukan oleh perusahaan untuk keberlangsungan kegiatan operasional perusahaan dalam jangka pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur efisiensi modal kerja Perusahaan Sektor Farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Sektor Farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013 sampai dengan 2017. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dengan jumlah 35 observasi. Metode yang digunakan untuk mengukur efisiensi modal kerja menggunakan Working Capital Management of Efficiency Index atau Indeks Efisiensi Modal Kerja, yang terdiri dari Performance Index of Working Capital Management, Utilisation Index of Working Capital Management, dan Efficiency Index of Working Capital Management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,
Performance Index 7 Perusahaan Farmasi masih dibawah 1 atau kurang dari 1. Utilisation index, terdapat 4 perusahaan telah melakukan pemanfaatan utilitas dengan baik, dengan hasil penghitungan lebih dari 1, dan Efficiency Index Perusahaan Farmasi masih dibawah 1, menggambarkan bahwa perusahaan belum efisien dalam pengelolaan modal kerjanya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.