PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS MELALUI ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA PESENKOPI MALANG

Rifaldi Hanif SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan strategi bisnis melalui analisis bussines model canvas pada Pesenkopi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, tehnik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa business model canvas Pesenkopi digambarkan melalui 9 blok yaitu, customer segment untuk kalangan menengah ke bawah, value proposition adalah newness dan accesibility, channels menggunakan promo opening, pemasaran di media sosial, penjualan secara fisik, di Pesenkopi, business to consumer, business to business, kritik & saran di media sosial, customer relationship yang diterapkan yaitu promo opening, interaktif dengan pelanggan di media sosial, menjual tumblr esklusif, revenue streams terdapat pada penjualan, key resource yang digunakan sumberdaya manusia, hak paten merk, sumberdaya fisik, finansial, key activities adalah pengoperasian kedai, kegiatan pemasaran di sosial media, key patnership yang digunakan adalah supplier, agen/mitra, tim kreatif, cost sctructure terbagi biaya variabel dan biaya tetap. Berdasarkan teori un-bundling dapat kemukakan alternatif strategi yang bisa diterapkan untuk pengembangan strategi Pesenkopi adalah inovasi produk. Kata kunci: Bussines model canvas, Strategi bisnis, Pesenkopi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.