Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial melalui Brand Ambassador pada Cakekinian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Cakekinian dengan menggunakan brand ambassador. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Informan penelitian pada penelitian ini adalah pemilik Cakekinian dan tiga orang konsumen Cakekinian secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, Cakekinian menggunakan Instagram dan website sebagai media komunikasi dengan konsumen. Upaya yang dilakukan Cakekinian dalam memaksimalkan media komunikasi pemasaran dan peningkatan penjualan adalah dengan menggunakan selebritas sebagai brand ambassador. Tujuan utama dari Cakekinian adalah membuktikan bahwa produk bisnis kue dengan menggunakan brand ambassador dapat bersifat sustainable serta menghasilkan profit. Cakekinian menetapkan Arief Muhammad sebagai brand ambassador. Peran dari Arief Muhammad adalah mempromosikan Cakekinian melalui Instagram dan Youtube pribadinya dan menjadi aktor dalam unggahan foto pada media sosial Instagram Cakekinian. Selain menjadi brand ambassador, Cakekinian juga memposisikan Arief Muhammad sebagai pemilik agar dapat dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Dampak yang dihasilkan dari pemilihan Arief Muhammad adalah tingkat penjualan yang tinggi serta informasi tentang Cakekinian tersebar secara luas dan cepat.
Kata Kunci: strategi pemasaran, media sosial, brand ambassador.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).