FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA S1 EKONOMI ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH SEBAGAI ALAT UTAMA DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI (STUDI KASUS MAHASISWA S1 FEB UNIVERSITAS BRAWIJAYA ANGKATAN 2015-2016)

Shofiyah Salsabila SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB UB tidak menggunakan bank syariah sebagai alat utama dalam melakukan transaksi. Penelitian ini menggunakan 164 sampel responden mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB UB yang masih menggunakan bank konvensional. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel biaya, fasiliatas, pendidikan dan pengetahuan, lokasi, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan mahasiswa melakukan transaksi menggunakan bank konvensional. Variabel biaya, fasilitas, dan lokasi berpengaruh signifikan positif terhadapa penggunaan tarnsaksi menggunakan bank konvensional dimana jika biaya yang dikeluarkan rendah, fasilitas yang diberikan oleh bank sesuai dengan kebutuhan nasabah, dan lokasi yang strategis menjadi bahan pertimbangan mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB UB dalam memilih bank. Untuk pendidikan dan pengetahuan mahasiswa sudah sangat memahami hukum riba dan produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah. Selain itu banyak mahasiswa yang belum memahami Islam secara kafah sehingga dalam belum mempraktekkan muamalah secara keseluruhan.

.

Kata kunci: Mahasiswa Ekonomi Islam, Bank Syariah, Bank Konvensional, Biaya, Fasilitas,Pengetahuan dan Pendidikan, Lokasi, dan Religiusitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.