EVALUASI KINERJA MELALUI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PADA RSUD NGUDI WALUYO WLINGI KAB.BLITAR

Adib Nubel

Abstract


RSUD Ngudi Waluyo Kab. Blitar sebagai instansi yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Blitar. Dengan mengedepankan visi yang diemban RSUD Ngudi Waluyo adalah “ Terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau dengan mengutamakan kepuasan pelanggan”. Untuk mengembangkan pelayanan yang lebih baik diperlukan proses perbaikan bisnis secara berkelanjutan antara lain melalui inovasi dan strategi evaluasi kinerja. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard (BSC). Balanced Scorecard memberikan kerangka evaluasi kinerja yang lebih komprehensif, seimbang dan terukur sebagai upaya untuk mencapai keunggulan bersaing organisasi perusahaan di kondisi persaingan yang semakin kompetitif. Selain sebagai alat evaluasi kinerja Balanced Scorecard telah dikembangkan menjadi suatu Sistem Manajemen Strategi. Dengan hasil penilaian model ini, diharapkan  RSUD Ngudi Waluyo Kab. Blitar semakin baik dalam pencapaian kinerja organisasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja dan kondisi perusahaan dengan menggunakan 4 (empat) perspektif inti dalam Balanced Scorecard yaitu (1) perspektif keuangan, (2) perspektif pelanggan, (3) perspektif proses bisnis internal, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Kata kunci : Evaluasi Kinerja, Balanced Scorecard, Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan, dan Strategi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.