ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN PERUMUSAN STRATEGI PADA PERUSAHAAN SCREAMOUS MALANG

Dany Andrian SE

Abstract


Bisnis fashion menjadi tren usaha yang memiliki pangsa pasar yang besar. Persaingan bisnis di bidang ini semakin ketat karena banyaknya pesaing baru yang terus bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dalam menentukan strategi yang tepat bagi Screamous Malang.

Alat-alat analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini diambil berdasarkan tahapan penentuan strategi oleh Analisis SWOT menurut Fred R. David. Adapun dalam penentuan strategi ini melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap masukan dengan melakukan analisis IFE dan EFE. Kemudian tahap yang kedua adalah tahap pencocokan dengan menggunakan alat analisis matriks IE. Tahap yang ketiga adalah tahap keputusan dengan menggunakan matriks QSPM. Pada tahap masukan hasil analisis IFE menunjukkan total skor bobot 3,10 dengan nilai kekuatan sebesar 2,40 dan nilai kelemahan sebesar 0,70. Analisis EFE menghasilkan total skor bobot sebesar 3,20 dengan nilai peluang sebesar 2,06 dan kelemahan sebesar 1,14. Pada tahap pencocokan hasil analisis IE berada pada sel I dan strategi yang dapat diterapkan adalah strategi intensif dan integratif. Pada tahap keputusan hasil analisis matriks QSPM menunjukkan bahwa Scremous Malang lebih cocok untuk menggunakan strategi penetrasi pasar.

 

Kata kunci: SWOT, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks QSPM, dan Screamous Malang

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.