PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN (STUDI PADA PENGUNJUNG SITUS TOKOPEDIA.COM)

Authors

  • Fajar Permadi SE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EWOM terhadap Minat Beli dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada situs belanja Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah correlation research yang menganalisis hubungan antar variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik usia diatas 17 tahun dan pernah mengunjungi Tokopedia.com sebelumnya. Alat uji yang digunakan adalah PLS-SEM. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa EWOM memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli. EWOM juga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan kepercayaan memiliki pengaruh langsung secara siginifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian juga menujukkan bahwa EWOM memiliki pengaruh tidak langsung terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan. Kata kunci: EWOM, kepercayaan, minat beli

Downloads

Published

2019-07-24

Issue

Section

S1 MANAJEMEN