PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN (STUDI PADA PENGUNJUNG SITUS TOKOPEDIA.COM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EWOM terhadap Minat Beli dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada situs belanja Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah correlation research yang menganalisis hubungan antar variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik usia diatas 17 tahun dan pernah mengunjungi Tokopedia.com sebelumnya. Alat uji yang digunakan adalah PLS-SEM. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa EWOM memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli. EWOM juga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan kepercayaan memiliki pengaruh langsung secara siginifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian juga menujukkan bahwa EWOM memiliki pengaruh tidak langsung terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan. Kata kunci: EWOM, kepercayaan, minat beliDownloads
Published
2019-07-24
Issue
Section
S1 MANAJEMEN
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).