Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Guru (studi pada Tazkia International Islamic Boarding School Malang)

HILMA YUNANDA

Abstract


Penulisan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi
mengajar terhadap kinerja guru pada Tazkia International Islamic Boarding School Malang.
Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 guru Tazkia International
Islamic Boarding School Malang. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research
dengan pendekatan kuantitatif karena dilatar belakangi oleh tujuan awal penelitian yaitu
menjelaskan mengenai pengaruh variabel-variabel yang hendak diteliti dan menjelaskan
pengaruh yang dominan antara variabel kompetensi dan motivasi mengajarterhadap kinerja
guru, kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan komputer dengan
program SPSS 21.0 for Windows. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah variabel
kompetensi (X1), variabel motivasi mengajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel
kinerja guru (Y), dan variabel kompetensi (X1) menjadi variabel yang dominan pengaruhnya
) ketiga
variabel independen tersebut terhadap kinerja guru Tazkia International Islamic Boarding
School Malang adalah sebesar 93,2%, sedangkan sisanya yakni sebesar 6,8% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitianini.
terhadap variabel kinerja guru (Y). Besarnya koefesiean determinasi adjusted (R
2
Kata Kunci: Kompetensi, Motivasi Mengajar, dan Kinerja Guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.