PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pengakses Akun Instagram @wardahbeauty di Kota Malang)

Anisa Septaria Residona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterkaitan antara pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention produk skincare @wardahbeauty dengan brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 180 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan di Kota Malang. Sampel terdiri dari responden yang berdomisili di Kota Malang, mengetahui Wardah Beauty serta mempunyai dan dapat mengakses media sosial instagram. Analisis data dalam pengujian instrumen penelitian dengan menggunakan software SmartPLS versi 2.0 M3 melalui tahapan analisis outer model, inner model, dan pengujian hipotesa. Pengujian hipotesis secara langsung menggunakan boostrapping PLS sedangkan untuk pengujian tidak langsung menggunakan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention produk skincare @wardahbeauty. Electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap brand image produk skincare @wardahbeauty. Brand image berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention produk skincare @wardahbeauty, serta electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand image produk skincare @wardahbeauty. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Intention

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.