PENGARUH VARIABEL FUNDAMENTAL DAN MAKROEKONOMI TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Zamane SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel fundamental dan makroekonomi terhadap harga saham pada perusahan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, artinya menjelaskan tentang ada tidaknya pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen melalui pengujian hipotesis. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga dari 16 perusahaan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diperoleh 9 sampel perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Return On Equity (ROE), Inflasi, dan Nilai Tukar berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham.

Kata kunci : Rerurn On Equity, Earning Per Share, Price Earning Ratio, Inflasi, Nilai Tukar, Harga Saham, Bursa Efek Indonesia

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.