ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Bank Jatim Cabang Syariah Malang)

Ajeng Permata Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variable intervening pada nasabah Bank Jatim cabang Syariah Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara varabel-variabel melalui pengajuan hipotesis. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden yang diambil dari populasi nasabah Bank Jatim cabang Syariah Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan karakteristik sampel yaitu minimal berusia 17 tahun, dan minimal pernah bertransaksi minimal sebanyak 1 kali. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument peneliian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Teknik analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis dilakukan untuk menguji t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, Kata kunci : Brand Awareness, Kualitas layanan, Kepuasan, Loyalitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.