PARIWISATA DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL: SEBUAH PERLUASAN MODEL GRAVITASI (STUDI KASUS: INDONESIA)

Swesti Astrina Vivekanandya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pariwisata terhadap perdaganganinternasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model gravitasi (gravity) dan dianalisisdengan regresi data panel pada periode penelitian tahun 2000-2017. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa variabel jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, jarak relatif, nilaitukar, populasi, dan krisis global AS memiliki perngaruh yang signifikan terhadap nilai impor.Kunjungan wisman, populasi, dan krisis global AS memiliki pengaruh positif signifikan terhadapimpor, sedangkan jarak relatif dan kurs memiliki pegaruh negatif signifikan terhadap impor.

Kata kunci: Pariwisata, Perdagangan Internasional, Model Gravitasi(Gravity Model)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.