ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MEMBAYAR PAJAK PENGASILAN Analysis Of Factors Affecting Compliance In Individual Taxpayers Pay Income Tax (Study of KPP Pratama Malang Utara’s Individual Tax Payers)

Debby Farihun Najib, M. Khoiru Rusydi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman terhadap self assessment, pelayanan informasi perpajakan dan pelaksanaan sanksi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam membayar pajak penghasilan. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pemahaman terhadap self assessment, pelayanan informasi perpajakan dan pelaksanaan sanksi perpajakan sedangkan variabel dependen adalah kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Data penelitian ini diambil dari data primer melalui kuesioner. Kuesioner yang disebar sebanyak 100 buah kepada Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara dan kuisioner yang diolah sebanyak 89 buah. Sampel dalam penelitian diambil secara convenience sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dalam menganalisis variabel-variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman self assessment dan pelayanan informasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, sedangkan tingkat pendidikan dan pelaksanaan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

 

Kata Kunci:  Tingkat Pendidikan, Pemahaman terhadap Self Assessment, Pelayanan Informasi Perpajakan, Pelaksanaan Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.