ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK, KEPERCAYAAN, DAN KEAHLIAN CELEBGRAM (CELEBRITY ENDORSER INSTAGRAM) TERHADAP NIAT PEMBELIAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Duma Nathania Hutapea

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kredibilitas endorser yang terdiri dari attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap niat pembelian konsumen. Endorser yang digunakan pada penilitian ini adalah @awkarin sebagai selebriti di social media Instagram. Penelitian menggunakan 200 orang responden yang termasuk dalam generasi milenial dan juga mengikuti @awkarin di sosial media Instagram. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis one sample t-test dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Penilaian responden pada daya tarik @awkarin sebagai bintang iklan di Instagram termasuk dalam katagori yang tinggi. 2) Penilaian responden pada kepercayaan pad @awkarin sebagai bintang iklan di Instagram termasuk dalam katagori yang tinggi. 3) Penilaian responden pada keahlian @awkarin sebagai bintang iklan di Instagram termasuk dalam katagori yang tinggi. 4) Attractiveness, trustworthiness, dan expertise secara signifikan mampu memprediksi74.2% perubahan niat pembeian konsumen pada produk-produk yang diiklankan @awkarin di Instagram. 5) Attractiveness, trustworthiness, expertise memiliki pengaruh yang positif dan signifikan untuk meningkatkan niat pembelian konsumen pada produkproduk yang diiklankan @awkarin di Instagram.


Kata Kunci: attractiveness, trustworthiness, expertise dan niat beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.