ANALISIS ADAPTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi pemanfaatan teknologi informasi
terhadap kinerja UMKM di Kota Malang. UMKM merupakan priotas utama dalam pembangunan
ekonomi nasional, UMKM menjadi penopang perkonomian dengan memiliki peranan penting dalam
pembangunan ekonomi nasional, khususnya dalam pertumbuhan ekonomi dan penuntasan jumlah
pengangguran, sekaligus juga dapat mendorong akselerasi pembangunan daerah Kenaikan pada
jumlah UMKM yang berada di Indonesia, yaitu sejumlah 7.716.172 unit atau mengalami kenaikan
pangsa pasar sebesar 13,98% dari tahun 2012 hingga tahun 2017. Dari segi jumlah usaha, UMKM
mendominasi dengan jumlah 62.922.617 unit usaha atau dalam persentase sebanyak 99,99% unit
usaha jika dibandingkan dengan usaha besar (UB) pada tahun 2017. Perkembangan UMKM yang
terus menerus bertambah ini juga berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja, dimana UMKM
mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97,02% dari total tenaga kerja Indonesia. Kondisi tersebut
pun dialami oleh dengan UMKM di Kota Malang yang mendominasi hingga 99,8% dibandingkan
usaha besar dari segi jumlah usaha. Dalam menghadapi perkembangan zaman yang telah
memasuki era digital, UMKM harus mampu bersaing dengan meningkatkan daya saing melalui
pemanfaatan teknologi informasi. Teknologi yang merupakan bagian dari faktor produksi menjadi
fokusan penting dalam meningkatkan daya saing UMKM. Oleh karena itu, diperlukan adaptasi yang
dilakukan UMKM dengan melakukan adopsi terkait pemanfaatan teknologi informasi berdasarkan
teori penerimaan UTAUT 2 untuk meningkatkan kinerja UMKM. Penelitian ini menguji persepsi
pelaku UMKM dengan menggunakan 90 unit UMKM di kota Malang yang menjadi responden
dengan menyebar kuesioner dan menggunkan metode analisis data PLS-SEM. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persepsi UMKM di kota Malang dalam pemanfaatan teknologi informasi
terhadap kinerja UMKM dengan menggunakan teori penerimaan teknologi yaitu UTAUT 2 memiliki
hasil positif dan signifikan untuk variabel laten berikut ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha,
pengaruh sosial, motivasi hedonis, kebiasaan terhadap minat perilaku UMKM dalam penggunaan
teknologi informasi. Sedangkan variabel laten nilai harga tidak berpengaruh signifikan terhadap
minat perilaku UMKM dalam menggunakan teknologi informasi. Kemudian, minat perilaku UMKM
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan UMKM dalam menggunakan
teknologi informasi, dan perilaku penggunaan UMKM dalam menggunakan teknologi informasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM.
Kata kunci: Perubahan Kelembagaan, Teknologi Informasi, UTAUT 2, UMKM, Kinerja UMKM.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.