ANALISIS DAYA SAING DAN STRUKTUR PASAR KAYU LAPIS INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Muhammad Izzuddin Al Qossam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan struktur pasar kayu lapis Indonesia di pasar internasional. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan periode penelitian tahun 2001-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu lapis Indoensia memiliki keunggulan komparatif dan memiliki daya saing, struktur pasar kayu lapis di pasar internasional adalah oligopoli, dan analisis SWOT dengan strategi ST yang dimana menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman yang ada pada komoditas kayu lapis Indonesia. Strategi ST adalah dengan meningkatkan mutu kayu lapis dengan cara mengurangi hambatan terkait biaya, fasilitasi regulasi, dan oeningkatan peran lembaga pengawasan mutu dan perbaikan SDM nya.

 

Kata kunci: Kayu Lapis, Daya Saing, Struktur Pasar, SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.