PENGARUH PERILAKU KONSUMEN MUSLIM BERDASARKAN KONSEP SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA GO-FOOD (STUDI PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA)
Abstract
Teori islami menyatakan bahwa tujuan konsumsi bukan hanya untuk memenuhi naluri hidup tapi
juga untuk memenuhi maqashid syariah. Sehingga konsumen muslim mengkonsumsi barang atau
jasa yang halal dan berasal dari pendapatan atau upah yang halal. Sedangkan perilaku konsumen
muslim harus merepresentasikan hubungan dengan Allah SWT. konsumsi yang dilakukan setiap
hari merupakan bentuk dzikir kepada Allah SWT sehingga konsumen menjalankan setiap syariat
islam dengan tidak mengkonsumsi barang haram, tidak kikir, dan tidak tamak dengan tujuan
hidupnya selamat baik di dunia dan di akhirat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah religiusitas, harga, dan pendapatan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian
menunjukkan bahwa religiusitas dan pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan penggunaan jasa go-food. Sedangkan harga berpengaruh negatif signifikan terhadap
keputusan penggunaan jasa go-food.
Kata kunci: Konsumsi islami, Konsumen muslim, Keputusan penggunaan jasa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.