FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT MAAL PENGUNJUNG MALL di KOTA MALANG

HANA NI`MATHUL AULIA

Abstract


Zakat telah menjadi instrumen yang mampu menggeser status sosial umat dari mustahik (orang yang berhak menerima zakat) menjadi muzakki dan mampu memperdayakan ekonomi umat belum merealisasikan potensi zakat yang seharusnya diperoleh dari masyarakat melalui lembaga amil zakat di Indonesia. Realita yang terjadi di Kota Malang dengan letak geografis yang yang memang strategis dan banyak pilihan pusat perbelanjaan semakin memotivasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan duniawi. Permasalah tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi muzakki sebagai perilaku konsumen, terutama dalam membelanjakan harta sesuaikah antara pemenuhan kebutuhan duniawi dan kebutuhan akhiratnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan membayar zakat maal pengunjung mall di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi logistic. Sumber data dalam penelitian iniadalah dengan alat kuesioner. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, religiusitas, interaksi usia dan religiusitas, dan interaksi tingkat pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan membayar zakat maal pengunjung mall di Kota Malang adalah jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan religiusitas.

Kata kunci: Zakat, Keputusan, Pengunjung Mall

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.