ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA DAN MANFAAT BERSIH ATAS IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI PADA KANTOR VERTIKAL DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN LINGKUP WILAYAH DKI JAKARTA

DIDIK PRASETIYO

Abstract


Penelitian ini menguji faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dan manfaat bersih
atas implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dengan mengadaptasi
Model Kesuksesan Sistem Informasi dari Delone dan McLeane (2003). Objek penelitian ini adalah
Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharan Lingkup Wilayah DKI Jakarta. Sebanyak 74
data berhasil dikumpulkan menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan
bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.28. Hasil pengujian penelitian menunjukan bahwa variabel
kualitas sistem dan struktur organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Variabel
kualitas informasi, kualitas layanan, dan pelatihan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Kualitas infomasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan penguna karena mayoritas responden
penilitian ini adalah sebagai operator yang hanya bertugas merekam transaksi sehingga tidak
membutuhkan hasil laporan. Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna
karena SAKTI adalah sistem yang pengelolaannya sepenuhnya ada pada tingkat kantor pusat,
pengguna hanya butuh suatu sistem yang mudah digunakan dan dipelajari. Pelatihan bagi
pengguna tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna karena pada kenyataannya ada
pengguna aplikasi yang tidak pernah mendapatkan pelatihan. Hasil penelitian juga memberikan
bukti empiris bahwa variabel kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih atas
implementasi SAKTI.
Kata Kunci: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, struktur organisasi,
pelatihan, kepuasan pengguna, manfaat bersih, SAKTI, partial least square
(PLS)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.