PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA TAHUN 2014-2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh profitabilitas,
leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social
Responsibility. Pengukuran CSR perusahaan didasarkan pada CSR Index yang dilihat
dari laporan tahunan maupun sustainability report perusahaan. Objek penelitian ini
adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun
2014-2016. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini metode
purposive sampling. Sampel memenuhi kriteria yang telah ditetapkan adalah sebanyak
72 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data dilakukan
dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linear
berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan ukuran perusahaan
berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Semakin besar ukuran perusahaan
maka akan semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR. Leverage memiliki pengaruh
negatif terhadap luas pengungkapan CSR, sehingga perusahaan yang memiliki tingkat
leverage tinggi akan membatasi tingkat pengungkapan CSR agar tidak menjadi sorotan
debtholder. Sebaliknya, ditemukan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap
pengungkapan CSR yang akan dilakukan oleh perusahaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, leverage,
ukuran perusahaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).