PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI

LUTFIA NURLAILI RAHMAWATI

Abstract


Pencemaran lingkungan yang terjadi diakibatkan oleh aktivitas perusahaan yang salah
satunya adalah perusahaan sektor food and beverage. Hal ini berkaitan dengan tingkat
produksi yang tinggi akan menghasilkan limbah industri terhadap perusahaan dan
lingkungan. Disamping pencemaran lingkungan yang dilakukan, tentu setiap
perusahaan perlu fokus terhadap program CSR sesuai dengan aktivitas perusahaan
masing-masing, agar memulihkan keseimbangan di lingkungan sekitar. Didasarkan
pada kondisi tersebut, selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
profitabilitas, ukuran, dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan CSR.
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 60 data dari perusahaan sektor food
and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017. Penelitian ini menggunakan
metode purposive sampling dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan
analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas
perusahaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan
CSR. Semakin tinggi profitabilitas perusahaan, maka semakin besar pengungkapan
CSR yang dilakukan. Sementara itu, ukuran dan pertumbuhan perusahaan tidak
berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini berarti besar kecilnya perusahaan
bukan menjadi tolak ukur dalam mengungkapkan CSR, sedangkan pertumbuhan
perusahaan dapat dilihat dari perilaku konsumen belum memperhatikan perusahaan
yang melakukan CSR dalam memilihi suatu produk.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD), profitabilitas,
ukuran, pertumbuhan perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.