PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI BERSAING DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA BOON PRING, ANDEMAN, TUREN, KABUPATEN MALANG

Yamamo Satrio SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis dan menganalisis alternatif strategi bersaing yang tepat untuk pengembangan Ekowisata Boon Pring ke depan. Penelitian dilakukan di Ekowisata Boon Pring, Andeman, Turen, Kabupaten Malang. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan business model canvas. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer didapatkan dari hasil wawancara kepada delapan responden. Hasil penelitian menghasilkan sembilan blok business model canvas. Kesembilan komponen tersebut adalah segmen pelanggan Ekowisata Boon Pring yang meliputi wisatawan domestik dan mancanegara; proporsi nilai meliputi wisata alam, wisata desa, dan wisata budaya; saluran meliputi saluran langsung (Words of Mouth) dan tidak langsung (brosur, komunitas, media cetak online, website, pameran, dan media sosial); hubungan pelanggan meliputi pelayanan kepada wisatawan baik secara langsung maupun tidak langsung; arus pendapatan meliputi pendapatan dari homestay, tiket masuk, tiket parkir, tiket wahana, dan paket wisata; sumber daya utama meliputi sarana prasarana, kawasan Ekowisata Boon Pring, karyawan ekowisata, beserta rancangan strategi Ekowisata Boon Pring; aktivitas kunci meliputi pengelolaan, pemeliharaan, dan pengembangan; kemitraan utama meliputi pemerintah, masyarakat desa, dan praktisi bisnis ekowisata; struktur biaya meliputi anggaran pemeliharaan, pengelolaan, dan pengadaan sarana prasarana Ekowisata Boon Pring. Model bisnis yang tepat diterapkan bagi Ekowisata Boon Pring adalah model bisnis gratis freemium.

Kata kunci: Ekowisata Boon Pring, Business Model Canvas, ekowisata, alternatif strategi, model bisnis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.