Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty ( Studi Pada Konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Kelas VIP di Jakarta

Muhamad Syauqi Lukmansyah

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu bidang jasa yang termasuk dalam industri kesehatan, Seiring perkembangan bisnis dan teknologi, indsutri kesehatan menjadi peluang usaha dan mengalami persaingan tersendiri. Di berbagai negara tingkat kesadaran manusia akan kesehatan semakin meningkat, berbagai macam bentuk pengalaman dan pelayanan yang dirasakan konsumen akan mempengaruhi eksistensi rumah sakit karena konsumen rumah sakit merasakan hal tersebut secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Experiential Marketing pada loyalitas konsumen (Customer Loyalty). Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan instrument penelitian meliputi uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik, untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dari 120 konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Kelas VIP. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Experiential Marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty pada konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Kelas VIP. Dimana masing masing indikator dari experiential marketing berhubungan satu sama lain untuk membentuk loyalitas pelanggan terhadap konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Kelas VIP
Kata Kunci : Experiential Marketing, Customer Loyalty,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.