EVALUASI JANGKAUAN, FREKUENSI DAN DAMPAK KEGIATAN PROMOSI PADA RIA DJENAKA GOOD FOOD WITH COFFEE MOOD JALAN BANDUNG KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena munculnya Ria Djenaka Cafe dan Resto di kota Malang yang memicu tumbuhnya Cafe dan Resto sejenis yang lain, namun eksistensi Ria Djenaka Cafe dan Resto tetap ramai dan belum mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Eksistensi Ria Djenaka tersebut tentu tidak jauh dari peran kegiatan promosinya, kegiatan promosi yang dilakukan oleh Ria Djenaka juga bermacam-macam serta mengunakan media promosi yang beragam. Dari kegiatan promosi Ria Djenaka tersebut peneliti ingin membahas tentang jangkauan, frekuensi serta dampak dari kegiatan promosinya yang mempengaruhi laba, loyalitas pelanggan, kuantitas penjualan, pangsa pasar serta nilai penjualan. Dimana jangkauan, frekuensi dan dampak kegiatan promosi tersebut berkaitan satu sama lain dalam meningkatkan laba, loyalitas pelanggan, kuantitas penjualan, pangsa pasar yang kemudian meningkatkan nilai penjualan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan informan pemilik Ria Djenaka cafe dan Resto, manajer pemasaran Ria Djenaka Cafe dan Resto, manajer produksi Ria Djenaka Cafe dan Resto, 2 lembaga biro iklan, dan 10 orang pelanggan Ria Djenaka Cafe dan Resto. Penelitian ini menggunakan metode wawancara. Dalam penelitian ini prosedur pemilihan informan adalah menggunakan teknik snowball sampling dengan cara menentukan key person tertentu yang sarat informasi dengan fokus penelitian. Dari penelitian ini ditemukan beberapa implikasi, diantaranya: jangkauan promosi Ria Djenaka sejauh ini masih sesuai dengan segmen market yaitu komunitas dan tidak keluar jalur dan sudah meluas dan menyebar hingga sekitar kota Malang, Frekuensi pelaksanaan masing-masing media promosi play by situation, minimal satu bulan sekali ada promosi intern Ria Djenaka untuk even reguler, frekuensi promosi pada masing-masing media promosi bergantian tergantung tren saat itu, dan kegiatan promosi tersebut juga berdampak pada laba, nilai penjualan, pangsa pasar, loyalitas pelanggan dan kuantitas penjualan.
Kata Kunci: Jangkauan, Frekuensi, Dampak, Kegiatan Promosi
Kata Kunci: Jangkauan, Frekuensi, Dampak, Kegiatan Promosi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.