PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA STORE LAZIZAA : PT LAZIZAA RAHMAT SEMESTA (STUDI PADA KONSUMEN LAZIZAA DI KOTA MALANG)

Muhammad Iqbal Avilyno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Etika bisnis Islam terhadap Customer Retention pada Store Lazizaa : PT Lazizaa Rahmat Semesta, sehingga dapat menjadi pembeda dalam persaingan bisnis restoran siap saji yang sangat ketat dengan perkembangan 15% hingga 18 % di tahun 2019. Indonesia dengan negara mayoritas Muslim di 2018 memiliki tingkat konsumsi atas makanan halal senilai mencapai 170 Miliar dollar AS dan merupakan konsumen makanan halal terbesar di dunia, hal ini membuktikan bahwa penerapan etika bisnis islam sangat tepat di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel Eksogen Nilai Tauhid (X1), Nilai Keseimbangan dan Keadilan (X2), Nilai Kebebasan (X3) dan Nilai Tanggung Jawab (X4) sedangkan variabel Indogen yang digunakan adalah Customer Retention (Y) yang akan di analisis menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM-PLS), penelitia mengolah data yang di peroleh dari 100 responden di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai Tauhid (X1) dan Indikator-indikatornya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Variabel Customer Retention . Variabel Nilai Keseimbangan dan Keadilan (X2) , Nilai Kebebasan(X3) , dan Nilai Tanggung Jawab(X4) dengan indikator-indikatornya secara parsial memiliki pengaruh postif dan signifikan terhadap Variabel Customer Retention. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Etika bisnis Nilai Keseimbangan dan keadilan , Nilai Kebebasan , dan Nilai tanggung Jawab akan meningkatkan Customer Retention pelanggan. Keywords: Etika Bisnis Islam , Restoran Siap Saji, Makanan Halal, Customer Retentio

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.