Pengaruh Pembiayaan Murabahah dan Ijarah Terhadap Produksi Usahatani Tebu (Studi pada BMT Al-Hijrah Koperasi Agro Niaga Jabung Kabupaten Malang)

Debby Chyntia Wardhani

Abstract


Kabupaten Malang merupakan daerah andalan Jawa Timur dalam memproduksi tebu. Namun produksi  tebu di Kabupaten Malang mengalami penurunan, penurunan produksi terjadi dikarenakan keterbatasan modal bagi petani untuk melakukan proses produksi tebu dan juga dikarenakan oleh kebutuhan masyarakat akan pangan menurun kapasitasnya. Baitul Maal Wa Tamwil dapat menjadi alternatif bagi petani untuk mengatasi masalah permodalan. Salah satu BMT yang berfokus pada sektor pertanian yaitu BMT Al-Hijrah KAN Jabung. Pembiayaan yang diaplikasikan untuk sektor pertanian yaitu murabahah dan ijarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah dan ijarah terhadap produksi tebu petani yang menjadi nasabah BMT Al-Hijrah KAN Jabung Malang. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode penelitian kuantitatif. Alat analisis data yang diguanakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program Eviews.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel murabahah dan ijarah signifkan dan berpengaruh positif terhadap produksi usahatni tebu. Koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwavariabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 85,3% terhadap produksi tebu petani dan sisanya sebesar 14,75% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: Produksi tebu, murabahah, ijarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.