PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, RELIGIUSITAS, AKSES MEDIA INFORMASI, DAN PENGETAHUAN WAKAF UANG TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG WAKAF UANG (Studi Pada Jamaah Masjid Al-Ghifari, Masjid Muhajirin, dan Masjid Ramadan Griya Shanta Kota Malang)

Moh Zidni Ilman

Abstract


Potensi wakaf uang yang besar di Indonesia berbanding terbalik dengan realisasi penghimpunan wakaf uang. Rendahnya penghimpunan wakaf uang dikarenakan beberapa hal. Perbedaan pendapat mengenai hukum wakaf uang menjadi salah satu faktor kurang berkembangnya wakaf uang di Indonesia. Hal tersebut membuat persepsi masyarakat mengenai wakaf uang menjadi beragam. Ditambah lagi dengan pemahaman klasik di masyarakat yang melazimkan harta benda wakaf harus bersifat tetap (Bangunan, tanah, dll). Persepsi masyarakat terbelah menjadi dua kubu, ada yang menerima konsep wakaf uang dan adapula yang menolak wakaf uang. Perbedaan persepsi tersebut terjadi  karena berbagai hal  yang  mempengaruhinya. Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis pengaruh Tingkat pendidikan, Religiusitas, Akses Media Informasi, dan Pengetahuan Wakaf Uang terhadap persepsi masyarakat tentang wakaf uang. Lokasi penelitian dilakukan di Perumahan Griya  Shanta  Kota  Malang dengan  populasi  Jamaah  Masjid  Al-Ghifari, Masjid Muhajirin, dan Masjid Ramadan Griya Shanta. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan program IBM SPSS 22.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tingkat Pendidikan, Religiusitas, dan Pengetahuan Wakaf Uang berpengaruh signifikan terhadap persepsi masyarakat tentang wakaf uang, sedangkan variabel akses media informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi masyarakat tentang wakaf uang.

Kata kunci: Wakaf Uang, Persepsi masyarakat, Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Akses Media Informasi, dan Pengetahuan Wakaf Uang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.