PENGARUH INDEPENDENSI, SKEPTISME PROFESIONAL, DAN FEE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada KAP di Kota Malang)

GILBERT DANIEL SIHOMBING

Abstract


Audit merupakan jasa yang diberikan oleh akuntan publik yang biasa dikenal dengan jasaasurans (assurance services). Jasa pengauditan (auditing) merupakan proses yang bersifatanalitis, berbeda dengan akuntansi (accounting). Dalam penentuan kualitas audit didasarkandari aspek Independensi, Skeptisme Profesional, dan Fee Audit. Penelitian ini bertujuanuntuk menguji dan menjelaskan pengaruh independensi, skeptisme profesional, dan fee auditterhadap kualitas audit yang dihasilkan.Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yangbekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang. Jenis data dalam penelitian ini berupadata primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner. Dengan total sampel
sebanyak 80 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sebelumdianalisis dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas,dan uji normalitas.Variabel penelitian ini terdiri dari independensi, skeptisisme professional,dan fee audit sebagai variabel independen, dan kualitas audit sebagai variabel dependen.Hasil penelitian ini menyimpulkan Independensi, Skeptisisme profesional, dan Fee Auditberpengaruh terhadap Kualitas audit.

Kata Kunci: independensi, skeptisme profesional, fee audit, kualitas audit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.