ANALISIS DIMENSI KESUKSESAN LAYANAN HAI DJPB DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLEAN (Studi Kasus Satker Lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris kesuksesan Layanan HAI DJPB sebagai salah satu bentuk implementasi dari e-government. Penelitian ini menggunakan berbagai macam faktor pengukuran yang didasarkan pada model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean (2003). Penelitian ini merupakan penelitian causal-explanatory dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kuesioner digunakan dan disebarkan sebagai sumber data primer ke individu-individu yang bekerja sebagai pejabat pengelola keuangan pada satuan kerja lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara. Sebanyak 64 kuesioner berhasil dikumpulkan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) sebagai salah satu alternatif metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan layanan HAI DJPB. Kemudian kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Layanan HAI DJPB. Selanjutnya penelitian ini juga memberikan bukti empiris bahwa penggunaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Layanan HAI DJPB. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dan masukan dalam pengembangan dan penyelenggaraan layanan HAI DJPB.
Kata Kunci:
E-government, Delone dan McLean, kualitas sistem, kualitas layanan, kualitas informasi, penggunaan, kepuasan pengguna, HAI DJPB, Partial Least Square (PLS), Structural Equation Model (SEM)
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.