ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI INDOMIE “GORENG SEMANGATMU” TERHADAP MINAT PEMBELIAN INDOMIE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Hamzah Abdurrahman SE

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Gambar, Tema Iklan, Musik (jingle), dan Bintang Iklan terhadap Minat Beli produk Indomie Goreng. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya. Penelitian ini menggunakan 290 sampel Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan Indomie “Goreng Semangatmu” di televisi. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dalam pengujian instrumen penelitian dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistics ver.24 melalui tahapan Analisis Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel berpengaruh secara signifikan. Kemudian secara parsial terdapat tiga variabel yang berpengaruh, yaitu Bintang Iklan, Musik, dan Tema Iklan, sedangkan variabel Kualitas Gambar tidak memiliki pengaruh terhadap Minat Pembelian Indomie. Kata kunci: Sumber Pesan Iklan, Iklan Televisi, Minat Pembelian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.