ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PASAR MODERN (Carrefour)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor perilaku konsumen yang memiliki pengaruh dalam proses pengambilan keputusan seseorang dalam berbelanja di pasar modern (studi kasus pada Carrefour) dimana peneliti mempersempit kajian perilaku konsumen yang diteliti pada faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap. Objek penelitian ini adalah konsumen pasar modern (Carrefour) yang berada pada wilayah Blimbing kota Malang.
Faktor psikologis manakah yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih pasar modern, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Pengujian hipotesa diperoleh melalui serangkaian proses yang meliputi pengambilan sampel, pengambilan data, pengujian data, dan analisis data. Sampel sejumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, sikap berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih pasar modern. Hasil penelitian menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (10,238 > 2,46749) atai sig. F < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa secara simultan (bersama-sama), variabel produk, harga, saluran pemasaran, dan promosi. Secara parsial keempat variabel juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian diaper merek Pampers dengan tingkat signifikansi variabel motivasi sebesar 0,212; variabel persepsi sebesar 0,365; variabel pembelajaran sebesar 0,138; variabel kepribadian sebesar 0,040; variabel sikap sebesar 0,304. Variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel persepsi.
Hasil penelitian diharapkan akan menjadi masukan bagi pihak yang terkait yaitu Hypermart Carrefour untuk menerapkan bauran promosi yang tepat dalam rangka meningkatkan keputusan konsumen dalam memilih pasar modern.
Kata kunci : Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Kepribadian, Sikap, Kepuasan Konsumen.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.