PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Winners Wash & Detailing Center Malang)

Gilang Erlangga SE

Abstract


Penulisan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Winners Wash & Detailing Center Malang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 250 konsumen Winners Wash & Detailing Center Malang. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif karena dilatar belakangi oleh tujuan awal penelitian yaitu menjelaskan mengenai pengaruh variabel-variabel yang hendak diteliti dan menjelaskan pengaruh yang dominan antara variabel kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan, kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan komputer dengan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah variabel kualitas pelayanan (X1), variabel harga (X2), variabel fasilitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), dan variabel kompetensi (X1) menjadi variabel yang dominan pengaruhnya terhadap variabel kinerja guru (Y). Besarnya koefesiean determinasi adjusted (R2 ) ketiga variabel independen tersebut 2 terhadap kepuasan pelanggan Winners Wash & Detailing Center Malang adalah sebesar 58,4%, sedangkan sisanya yakni sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitianini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas, dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.