The Effect of Experiential Marketing on Customer Satisfaction (Study at Café Habbit Eatery Coffee and Beer in Malang)

Rachma Nadia Ikaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Experiential Marketing terhadap kepuasan pelanggan Café Habbit Eatery Coffee and Beer di Malang. Experiential Marketing sendiri terbentuk dari gabungan variabel sense, feel, think, act, dan relate sehingga dalam kata lain, penelitian ini explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dengan teknik  purposive sampling dengan syarat responden yakni telah berusia di atas 18 tahun,  telah mengunjungi  Café Habbit Eatery lebih dari 2 kali, responden sudah memiliki pengetahuan atau pernah mendapatkan informasi mengenai Café Habbit Eatery. Penganalisaan data menggunakan alat bantu SPSS for Windows ver 20.00. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan hasil uji asumsi klasik. Berdasarkan pengujian hipotesis pada penelitian ini, didapatkan hasil uji f/goodness of fit yang menunjukkan Experiential Marketing dengan variabel  sense, feel, think, act, dan relate memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dan berdasarkan uji t yang menunjukkan Experiential Marketing dengan variabel sense, feel, think, act, dan relate memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan.

 

KATA KUNCI: Experiential Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, Kepuasan Pelanggan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.