ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LAYANAN GOPAY (MOBILE PAYMENT) PADA PELANGGAN GOJEK (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Adnan Fauzi Suwardana

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, semua aktivitas seakan tidak mampu terlepas dari keberadaan teknologi. Inovasi - inovasi baru sangat diperlukan pada era ini agar semua aktivitas manusia menjadi semakin efisien, aman, cepat dan nyaman terutama dalam pelaksanaan aktifias perekonomian dunia. Salah satu metode layanan jasa keuangan yang mulai populer pada era digital sekarang ini adalah industri financial techonology (fintech). Sistem pembayaran berbasis teknologi menjadi salah satu sektor dalam industri FinTech yang sangat berkembang dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Di Indonesia transaksi financial technologi terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini searah dengan peningkatan penggunaan layanan mobile payment di Indonesia. Go-Pay merupakan salah satu contoh financial technology di bidang sistem pembayaran. Go-Pay merupakan salah satu alternatif untuk melakukan transaksi pada aplikasi Go-Jek. Penggunaan Go-Pay memberikan kepraktisan, kemudahan, kenyamanan, serta memberikan keuntungan dalam transaksi pada aplikasi Go-Jek Adapun faktor-faktor yang menjadi bahan analisis adalah perspsi manfaat, pengetahuan produk, persepsi resiko, persepsi kemudahan, keamanan, dan pengaruh sosial. Berdasarkan hasil perhitungan dengan PLS (Partial Least Square), perspsi manfaat, pengetahuan produk persepsi kemudahan, keamanan, dan pengaruh sosial memiliki pengaruh terhadap penggunaan Go-Pay.
Kata kunci: Go-Pay, mobile payment, Technology acceptance model (TAM), Partial Least Square (PLS)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.