ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SUMBER DAYA MANUSIA USIA MUDA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Dwi Sumaryati SE

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah karakter angkatan muda terdidik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya ditinjau dari religiusitas, intensi kewirausahaan, dan prestasi akademik (2) mengetahui apakah religiusitas mempunyai hubungan dengan prestasi akademik (3) mengetahui apakah intensi kewirausahaan mempunyai hubungan dengan prestasi akademik (4) mengetahui apakah religiusitas dan intensi kewirausahaan mempunyai hubungan dengan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan kuesioner sebagai instrumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam dan 50 mahasiswa Jurusan Manajemen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakter angkatan muda terdidik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya tergolong baik (2) religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik (3) intensi kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik (4) religiusitas dan intensi kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik.

 

Kata kunci: Religiusitas, Intensi Kewirausahaan, Prestasi Akademik, Sumber Daya Manusia Usia Muda.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.