PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MALANG SELATAN)

CEVIN WILLMART SE

Abstract


Pajak merupakan tumpuan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan. Hal ini dikarenakan penerimaan pajak merupakan sumber penerimaan Negara terbesar saat ini yaitu mencapai 80% dari penerimaan negara (Kementerian Keuangan, 2018). Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada Wajib Pajak dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan keinginan masyarakat untuk tertib sebagai Wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan sejumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan fiskus dengan indikator keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh terdahap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Kata kunci: pajak, kualitas pelayanan fiskus, kepatuhan wajib pajak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.