Pengaruh Literasi, Inklusi dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlanjutan UMKM (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Mahasiswa Universitas Brawijaya)

TOMI DERMAWAN SE

Abstract


Pentingnya literasi dan inklusi keuangan yang harus dimiliki oleh pelaku UMKM takterkecuali usaha mikro Mahasiswa, Oleh karena itu kompetensi tersebut perlu ditingkatkan, sehingga sektor t ersebut menjadi sektor yang memiliki kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, PDB dan peningkatan pendapatan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh literasi, inklusi dan pengelolaan keuangan yang dimiliki oleh pelaku usaha Mikro Mahasiswa Universitas Brawijaya terhadap kinerja dan keberlanjutan usahanya tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan variabel independen pada model pertama adalah literasi keuangan (FL) dan inklusi keuangan (FI) sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah pengelolaan keuangan (FM). Model kedua menggunakan variabel independen literasi keuangan (FL), inklusi keuangan (FI)) serta pengelolaan keuangan (FM) dan variabel dependen yang digunakan adalah kinerja dan keberlanjutan UMKM (PS). Melalui penggunaan metode Partial Least Square (PLS), peneliti mengolah data yang diperoleh dari 100 responden pelaku usaha mikro Mahasiswa Universitas Brawijaya dengan hasil penelitian yang menunjukkan variabel independen pada model pertama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Sedangkan pada model kedua menunjukkan hasil bahwa hanya variabel inklusi keuangan yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependennya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi literasi dan inklusi keuangan yang dimiliki pelaku UMKM maka akan meningkatkan pemahaman bagaimana mengelola keuangan usaha dengan baik dan pada akhirnya semakin tingginya literasi, inklusi, pengelolaan keuangan mampu membantu meningkatkan kinerja dan keberlanjutan usaha mikro Mahasiswa UB.

Kata kunci: Usaha mikro mahasiswa, literasi keuangan, inklusi keuangan, pengelolaan keuangan, kinerja dan keberlanjutan UMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.