PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UKM Batik Surabaya)

YUYUN NURUL FAUZIAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan
inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui keunggulan
bersaingsebagai variabel mediasi pada UKM Batik Surabaya baik secara langsungmaupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory researchmerupakan suatu penelitian menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian serta menguji dan memperkuat hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden yang di ambil dari UKM Batik Surabaya dengan menggunakan teknik proponate stratified random sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (pathanalysis)dengan menggunakan program SmartPLSversi 3.0. Hasil pengujian terhadap kelima hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel inovasi produk, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran memiliki pengaruh signifikan, sedangkan orientasi pasar memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran maupun melalui keunggulan bersaing pada UKM Batik Surabaya. Implikasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan kegiatan orientasi pasar untuk menunjang nilai unggul dalam bersaing serta kinerja pemasaran. Hal yang dapat dilakukan antara lain para UKM Batik Surabaya harus dapat mengetahui keinginan konsumen, serta memperhatikan ketika pesaing mengeluarkan produk baru dan memperbaiki struktur organisasi UKM masingmasing.

Kata

Kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja
Pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.