ANALISIS IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH SEGMEN CONSUMER di BANK SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANYUWANGI)

Anindita Pradnya Danur D

Abstract


Perbankan syariah di Indonesia mayoritas menggunakan akad murabahah.Dalam
implementasinya akad murabahah banyak mengalami modifikasi menjadi murabahah bil
wakalah.Munculnya akad murabahah bil wakalah menimbulkan celah untuk melakukan
penyimpangan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
produk pembiayaan murabahah segmen consumer di Bank Syariah Mandiri Kantor
Cabamg Banyuwangi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengambilan data.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi pembiayaan murabahah segmen consumer di Bank
Syariah Mandiri Kantor Cabang Banyuwangi tidak sesuai dengan prinsip syariah. Karena
sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000 dan standar produk
perbankan syariah pembiayaan murabahah, di dalam implementasi produk pembiayaan
murabahah segmen consumer masih terdapat gharar, risywah dan zalim. Penyimpangan
terbesar dilakukan oleh pihak bank terkait.
Kata Kunci: Murabahah, Murabahah bil Wakalah, Bank Syariah Mandiri, Segmen
Consumer, Fatwa, Standar Produk Pembiayaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.