THE INFLUENCES OF PRICE, PRODUCT FEATURES, BRAND IMAGE, AND REFERENCE GROUP TOWARDS SWITCHING INTENTION FROM IPHONE TO ANDROID PHONE (A Study on iPhone users in Indonesia)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga produk, fitur produk, citra merk dan kelompok referensi terhadap minat beralih dari iPhone ke telepon Android. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antara satu variable dengan variable lainnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 87 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan secara online. Sampel terdiri dari responden yang menggunakan iPhone dan telepon Android dan responden yang berminat untuk beralih dari iPhone ke telepon Android. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analasis Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t yang diolah dengan software SPSS ver. 20. Dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis dapat disimpulkan bahwa variable harga produk, fitur produk, citra merk dan kelompok referensi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beralih dari iPhone ke telepon Android. Implikasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan kelompok referensi pada merk Android. Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan cara meningkatkan jumlah brand ambassador dan influencer untuk dapat meningkatkan minat beralih dari iPhone ke telepon Android.
Kata Kunci: Harga Produk, Fitur Produk, Citra Merk, Kelompok Referensi, Minat Beralih.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.