PENGARUH ELECRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA JASA PENGIRIMAN BARANG J&T EXPRESS DI KOTA MALANG

Hendra S.M

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap repurchase intention pada jasa pengiriman barang J&T Express di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel independen dan dependen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 225 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responden yang berdomisili di Kota Malang atau menetap sementara di Kota Malang, berusia minimal 17 tahun, merupakan pengguna jasa pengiriman barang J&T Express yang mempunyai pengetahuan atau pernah mendapatkan informasi secara online tentang jasa pengiriman barang J&T Express dan juga pernah melihat iklan J&T Express yang menggunakan selebriti Deddy Corbuzier sebagai endorser. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS ver. 20. Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah eWOM berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, Trustworthiness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, Expertise berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, dan Attractiveness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention.

Kata kunci: Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorser, Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Purchase Intenti


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.