VALUE PROPOSITION DESIGN PADA PT. KEMAJUAN INDUSTRINDO

Yordan Qiddush Hasyem

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan value proposition design pada PT. Kemajuan Industrindo. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah snowball dimana direktur komersial selaku pejabat yang berwenang untuk mengarahkan dan menentukan siapa saja yang memenuhi syarat sebagai informan. Informan kunci pada penelitian ini adalah direktur komersial dan direktur PPC (planning, production, control), serta sebagai informan pendukung adalah bagian planning, dan data-umum PT. Kemajuan Industrindo. Alat analisis yang digunakan adalah business model canvas dan value proposition canvas sebagai alat analisis utama. Hasil dari analisis ini diketahui bahwa pada profil pelanggan yang menjadi target perusahaan adalah pelanggan yang hendak memproses biji kopi baik sesama perusahaan maupun konsumen individu dan menginginkan alat otomatis yang dapat memenuhi hal tersebut. Pada bagian peta nilai perusahaan menawarkan produk pemroses biji kopi diantaranya pengupas dan pengering biji kopi, yang tujuannya adalah memberikan solusi bagi pelanggan untuk mempermudah pemrosesan biji kopi. Perusahaan juga berhasil menghadirkan kustomisasi produk yang ditawarkannya. Penelitian ini juga membuktikan bahwa value proposition design yang dibuat menemukan kecocokan antara masalah yang dihadapi pelanggan dengan solusi yang ditawarkan oleh perusahaan. Kata kunci: value proposition, canvas, pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.