ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA (STUDI KASUS BANK MUAMALAT KANTOR CABANG KOTA MALANG)

Ryfkie Arda Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih perbankan syariah dalam penghimpunan dan penyaluran dana di Bank Muamalat Kantor Cabang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan datanya dikumpulkan dengan kuisioner yang diberikan pada 100 nasabah untuk penghimpunan dana dan 100 nasabah untuk penyaluran dana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penghimpunan dana, faktor pelayanan bank syariah, pengetahuan konsep bank syariah, karakteristik bank syariah, harga atau biaya, promosi, dan religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah, sedangkan faktor lokasi tidak berpengaruh secara signifikan. Dalam penyaluran dana, faktor pelayanan bank syariah, pengetahuan konsep bank syariah, karakteristik bank syariah, promosi, dan religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah, sedangkan faktor harga atau biaya dan faktor lokasi tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu, berdasarkan pada koefisiensi regresi logistik dalam penghimpunan dana, faktor harga atau biaya memiliki nilai beta paling besar sehingga merupakan faktor yang dominan terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah. Dalam penyaluran dana, faktor karakteristik bank syariah memiliki nilai beta yang paling besar sehingga merupakan faktor yang dominan terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah.

Kata kunci: kriteria memilih bank, keputusan nasabah, bank syariah, penghimpunan dan penyaluran dana, model regresi logistik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.