The Influence of Beauty Influencer Toward Purchase Intention of Local Cosmetic

Aisha Ayu Basuki

Abstract


Penggunaan media sosial di Indonesia berkembang pesat, termasuk pengguna Instagram, YouTube, dan
Facebook. Di Indonesia, Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer. Sejak Instagram
menjadi populer akhir-akhir ini, istilah "influencer" muncul. Influencer dikenal sebagai idola baru yang
populer melalui media sosial. Banyak bisnis telah menggeser strategi pemasaran mereka untuk berkolaborasi
dengan influencer alih-alih selebriti tradisional. Salah satu merek kecantikan di Indonesia, Make Over,
mengambil kesempatan ini untuk berkolaborasi dengan beberapa influencer kecantikan. Salah satu influencer
kecantikan populer di Indonesia yang bekerja sama dengan Make Over adalah Tasya Farasya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung influencer kecantikan terhadap niat
pembelian merek kecantikan lokal melalui studi kasus Tasya Farasya pada merek Make Over. Penelitian ini
menganalisis tiga variabel yaitu: Celebrity Endorser; Purchase Intention; dan Interaksi Para-sosial sebagai
variabel mediasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah pelanggan potensial Make Over di kota Malang. Teknik pengambilan sampel
adalah purposive sampling di mana beberapa kriteria diperlukan. Ukuran sampel adalah 150 responden yang
mengikuti Tasya Farasya di Instagram dan telah melihat ulasan produk Make Over oleh Tasya Farasya.
Perangkat lunak statistik Smart-PLS digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini.
Kаtа Kunci: Beauty Influencer, Interaksi Para-social, Niat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.