PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE PADA PRODUK SOFTLENS PUSBELSHOP
Abstract
Pelayanan berbasis internet menjadi salah satu cara perusahaan untuk memasarkan
produknya. Produk saat ini tidak dijual melalui toko konvensional namun saat ini sudah
merambah dunia internet untuk memperluas pangsa pasar. Perusahaan juga menggunakan
public figur ataupun celebrity sebagai cara untuk menarik pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak
langsung celebrity endorser dan e-service quality terhadap keputusan pembelian produk
Softlens Pusbelshop dengan brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini
berjumlah 116 responden yang merupakan konsumen softlens pusbelshop. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path analysis). Hasil analisis dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara
celebrity endorsement dan e-service quality terhadap keputusan pembelian. Brand image
menjadi variabel mediasi yang mampu mempengaruhi keputusan pembeliann. Hal lebih
lanjut akan dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Celebrity endorser, e-service quality, keputusan pembelian, brand image
produknya. Produk saat ini tidak dijual melalui toko konvensional namun saat ini sudah
merambah dunia internet untuk memperluas pangsa pasar. Perusahaan juga menggunakan
public figur ataupun celebrity sebagai cara untuk menarik pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak
langsung celebrity endorser dan e-service quality terhadap keputusan pembelian produk
Softlens Pusbelshop dengan brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini
berjumlah 116 responden yang merupakan konsumen softlens pusbelshop. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path analysis). Hasil analisis dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara
celebrity endorsement dan e-service quality terhadap keputusan pembelian. Brand image
menjadi variabel mediasi yang mampu mempengaruhi keputusan pembeliann. Hal lebih
lanjut akan dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Celebrity endorser, e-service quality, keputusan pembelian, brand image
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.