Pengaruh Product Placement Samsung Terhadap Purchase Intention denganBrand Awareness Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Penonton Music Vdieo “Kill This Love” oleh BlackPink di Kota Malang)

Damar Bijak Dimasakti

Abstract


Penelitian ini beertujuan untuk mengetahui pengaruh product placement dari
Samsung terhadap purchase intention dengan brand awareness sebagai mediasi, dan studi dilakukan pada penonton music video BlackPink. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu menjelaskan hubungan yang ada antar variable dengan menguji hipotesis. Penelitian ini menetapkan 150 sampel dari jumlah populasi yang tidak diketahui, maka menggunakan non-probability sampling. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden minimal 17 tahun dan sudah menonton music video “Kill This Love” oleh BlackPink. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bootstrapping dan sobel test. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) yang dibantu aplikasi statistik SmartPLS 3.0 untuk memudahkan pengolahan data. Hasil dari penelitian ini adalah product placement yang dilakukan oleh Samsung berpengaruh positif
terhadap purchase intention. Product placement Samsung juga berpengaruh positif terhadap brand awareness. Brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase intention. Product placement juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap purchase intention dengan brand awareness sebagai partial mediator.

Kata kunci: Product Placement, Brand Awareness, Purchase Intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.