PENGEMBANBANGAN STRATEGI BISNIS PIPA BAJA (Studi Pada Perusahaan Pipa Pancang Baja PT.XYZ)

Mohammad Bagus Firdiansyah

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai peengembangan strategi bisnis dalam menghadapi persaingan dan mencapai keunggulan kompetitif pada penjualan pipa baja PT. XYZ. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi perusahaan yang selama ini diterapkan oleh PT. XYZ dalam memasarkan usahanya, menganalisis dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan PT. XYZ, mengembangkan dan menetapkan alternatif strategi yang sesuai yang akan diterapkan oleh PT. XYZ dalam mengembangkan usahanya, dan merumuskan strategi bersaing untuk mengetahui strategi tepat yang akan dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dekriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis strategi melalui tiga tahap yaitu tahap input, pencocokan dan keputusan. Matriks yang digunakan dalam analisis data ini adalah matriks External Factor Evaluation (EFE), Internal Factor Evaluation (IFE), Competitive Profile Matrix (CPM), Internal- External (IE), Strategic Positioning and Action Evaluation (SPACE), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif strategi yang paling tepat untuk digunakan oleh PT. XYZ adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.

 

Kata Kunci : Pengembangan Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, CPM, Matriks IE, Matriks SPACE, QSPM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.