Influence of Store Atmosphere and Hedonic Shopping Value on Consumer’s Impulsive Buying Behaviour (A Study on the Consumers of UNIQLO Indonesia)
Abstract
Studi ini mengeksplorasi pengaruh atmosfer toko dan nilai belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen di salah satu toko ritel terkenal, UNIQLO. Ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan karakteristik konsumen UNIQLO. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel non-probabilitas digunakan untuk mendapatkan sampel pada konsumen UNIQLO. Data diperoleh dari total 200 responden konsumen UNIQLO. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Suasana toko secara positif mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen; (2) Suasana toko secara positif mempengaruhi nilai belanja hedonis konsumen; (3) Nilai belanja hedonis secara positif mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen; dan (4) Nilai belanja hedonik memiliki efek mediasi pada atmosfer toko dan perilaku pembelian impulsif konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana atmosfir toko masih memiliki dampak positif yang signifikan terhadap konsumen. Karena itu, penting bagi perusahaan ritel untuk memperhatikan atmosfir tokonya untuk meningkatkan kemungkinan konsumen melakukan pembelian impulsif.
Kata Kunci: Suasana Toko, Nilai Belanja Hedonik, Perilaku Pembelian Impulsi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.