STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA USAHA KULINER KRR’S OTENTIK MALANG

Ridho Alghozy SE

Abstract


Social media marketing adalah upaya untuk menggunakan media sosial guna membujuk konsumen kepada satu perusahaan, produk atau jasa yang berharga. Dasar perencanaannya tetap sama yaitu menggunakan segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan memberikan usulan strategi social media marketing. Objeknya adalah KRR’s Otentik yaitu usaha pada bidang kuliner di Kota Malang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana social media marketing yang telah dilakukan KRR’s Otentik selama ini, (2) Apa saja kendalanya, (3) Bagaimana strategi social media marketing yang dapat dilakukan KRR’s Otentik. Penelitian ini menggunakan metode campuran deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer maupun sekunder, perolehannya melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Hasilnya (1) Strategi social media marketing yang dilakuan KRR’s Otentik adalah segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix, (2) Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya informasi terkait segmen saat ini dan segmen baru, kurang mengetahui ketertarikan konsumen, kurang mengetahui kepercayaan konsumen, dan kurang meningkatkan eksposur pada produk dan usaha, (3) Strategi social media marketing yang dapat dilakukan adalah lebih memperdalam lagi tentang segmen yang dituju, memprioritaskan pada hal yang lebih meberikan ketertarikan konsumen dan kepercayaan konsumen, serta meningkatkan eksposur produk dan usaha dengan fitur – fitur yang ada seperti ads dan insight pada media sosial Kata kunci: Social Media Marketing, Segmenting, Targeting, Positioning, Marketing Mix

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.