THE INFLUENCE OF PROMOTION MIX, TRUST, AND EXPERIENTIAL MARKETING TOWARDS CUSTOMER LOYALTY OF ONLINE TRANSPORTATION (A Study on the Customers of Grab and Gojek in Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bauran promosi, kepercayaan, dan pengalaman pemasaran terhadap loyalitas pelanggan Grab dan Gojek di Malang. Di pasar yang sangat kompetitif saat ini, mempertahankan pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka dianggap sangat penting dan krusial dalam sebuah bisnis. Mencari sebuah strategi pemasaran yang cocok meningkatkan loyalitas pelanggan adalah kewajiban perusahaan mitra Grab maupun Gojek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari bauran promosi, kepercayaan, dan pengalaman pemasaran apakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Grab dan Gojek di Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah Promotion Mix (X1), Trust (X2), and Experiential Marketing (X3) sebagai variabel independennya; dan Customer Loyalty (Y) sebagai variabel dependennya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif karena penelitian kuantitatif dapat digunakan untuk menguji hipotesis atau pertanyaan penelitian tertentu, dan umumnya digunakan untuk penelitian Descriptive atau Explanatory Research. Untuk metode pengumpulan data, menyebarkan kuesioner secara online digunakan di penelitian ini dengan Skala Likert 5-point. Kriteria responden pada penelitian ini diantaranya yaitu Generasi Millenial dengan usia antara 19-37 tahun, berdomisili di Malang, menggunakan aplikasi atas kemauan sendiri, dan menggunakan aplikasi setidaknya dua kali dalam sebulan. Sampel diambil sebanyak 264 responden dari pengguna Grab ataupun Gojek di Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan uji hipotesis menggunakan uji-t yang diolah dengan software SPSS ver. 20. In other words, penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dan Purposive Sampling. Hasil menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dari bauran promosi, kepercayaan, dan pengalaman pemasaran pada loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Kepercayaan, Pengalaman Pemasaran, Loyalitas Pelanggan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).