THE INFLUENCE OF PROMOTION MIX, TRUST, AND EXPERIENTIAL MARKETING TOWARDS CUSTOMER LOYALTY OF ONLINE TRANSPORTATION (A Study on the Customers of Grab and Gojek in Malang)

Authors

  • Nola Sandyasari

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bauran promosi, kepercayaan, dan pengalaman pemasaran terhadap loyalitas pelanggan Grab dan Gojek di Malang. Di pasar yang sangat kompetitif saat ini, mempertahankan pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka dianggap sangat penting dan krusial dalam sebuah bisnis. Mencari sebuah strategi pemasaran yang cocok meningkatkan loyalitas pelanggan adalah kewajiban perusahaan mitra Grab maupun Gojek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari bauran promosi, kepercayaan, dan pengalaman pemasaran apakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Grab dan Gojek di Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah Promotion Mix (X1), Trust (X2), and Experiential Marketing (X3) sebagai variabel independennya; dan Customer Loyalty (Y) sebagai variabel dependennya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif karena penelitian kuantitatif dapat digunakan untuk menguji hipotesis atau pertanyaan penelitian tertentu, dan umumnya digunakan untuk penelitian Descriptive atau Explanatory Research. Untuk metode pengumpulan data, menyebarkan kuesioner secara online digunakan di penelitian ini dengan Skala Likert 5-point. Kriteria responden pada penelitian ini diantaranya yaitu Generasi Millenial dengan usia antara 19-37 tahun, berdomisili di Malang, menggunakan aplikasi atas kemauan sendiri, dan menggunakan aplikasi setidaknya dua kali dalam sebulan. Sampel diambil sebanyak 264 responden dari pengguna Grab ataupun Gojek di Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan uji hipotesis menggunakan uji-t yang diolah dengan software SPSS ver. 20. In other words, penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dan Purposive Sampling. Hasil menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dari bauran promosi, kepercayaan, dan pengalaman pemasaran pada loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: Bauran Promosi, Kepercayaan, Pengalaman Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

S1 MANAJEMEN (Internasional)